PENDEKATAN COMMUNITY DEVELOPMENT APPROACH (CDA) DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI ISLAM

Authors

  • Zulfikar -

DOI:

https://doi.org/10.32764/saintekbu.v6i1.63

Abstract

Perkembangan lembaga pendidikan tinggi islam yang cukup pesat akan menimbulkan persaingan makin kompetitif.  Hal ini membuat manajemen pendidikan tinggi islam harus mampu membuat inovasi dalam pengelolaan pendidikan yang tangguh, karena lembaga pendidikan tinggi islam yang tidak mampu bersaing akan jatuh.  Agar pendidikan tinggi islam tetap bertahan dan mampu bersaing perlu terobosan baru dalam mengadopsi strategi-strategi manajemen yang up to date. 

Adaptasi strategi dalam perusahaan yang terkenal adalah BOSA (Blue Ocean Strategy Adapted), yaitu strategi bertahan dalam persaingan dengan strategi yang tidak perlu bersaing secara ketat,namun mampu mencari peluang-peluang yang strategis untuk menciptakan strategi yang tangguh terhadap manajemen pendidikan tinggi islam.

Selain mengkaji strategi BOSA juga perlu dipadukan dengan pengembangan Community Development (CD) secara simultan sebagai bentuk dari kepedulian lembaga pendidikan tinggi terhadap lingkungan.  Dengan terbentuknya hubungan antara BOSA dan CD diharapkan akan membentuk manajemen pendidikan tinggi islam yang tangguh dan mampu bertahan secara berkesinambungan.

Kata kunci: Blue Ocean Strategy, Community Development, Pendidikan Tinggi Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-18

How to Cite

-, Z. (2016). PENDEKATAN COMMUNITY DEVELOPMENT APPROACH (CDA) DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI ISLAM. SAINTEKBU, 6(1). https://doi.org/10.32764/saintekbu.v6i1.63

Issue

Section

Articles