UPAYA MENGHADAPI PERUBAHAN LINGKUNGAN STRATEGIS DENGAN MEMBANGUN KARAKTER PONDOK PESANTREN

Authors

  • Zulfikar -

DOI:

https://doi.org/10.32764/saintekbu.v4i1.49

Abstract

Suksesnya suatu organisasi pondok pesantren beroperasi pada kondisi persaingan yang ketat dan kompleks sangat ditentukan oleh berbagai faktor. Fenomena perubahan bisnis global menuntut manajemen pondok pesantren harus lebih kristis. Hanya pondok pesantren  yang memiliki keunggulan kompetitif yang bisa bertahan dan berkembang.

Untuk mengidentifikasi sumber daya dan  potensi keunggulan kompetitif, suatu organisasi membutuhkan konsep community development analysis (CDA) sebagai alat analisis. Dengan konsep ini, pondok pesantren membutuhkan pengembangan aktifitas kepedulian terhadap lingkungan dan kemitraan mulai dari awal sampai akhir.  Tulisan ini mengkaji bagaimana manajemen pondok pesantren  mengelola aktifitas yang strategis menggunakan analisis community development dan bagaimana konsep ini bisa dikembangkan dalam membangun kemitraan sebagai uapaya membangun karakter pendidikan islam pada pondok pesantren ber- competitive advantage.

 

Kata kunci : Competitive Advantage, Community Development Analysis (CDA), Networking.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-18

How to Cite

-, Z. (2016). UPAYA MENGHADAPI PERUBAHAN LINGKUNGAN STRATEGIS DENGAN MEMBANGUN KARAKTER PONDOK PESANTREN. SAINTEKBU, 4(1). https://doi.org/10.32764/saintekbu.v4i1.49

Issue

Section

Articles