HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER III PRODI DIII KEBIDANAN SUTOMO SURABAYA

Authors

  • Yuni Artati
  • Tumirah -
  • Suparmo -

DOI:

https://doi.org/10.32764/saintekbu.v3i1.43

Abstract

Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Belajar sebagai bagian dari aktifitas mahasiswa merupakan perubahan yang relative permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. 

            Internet sebagai salah satu sumber belajar dari adanya perkembangan teknologi informasi menjadi sangat berperan untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Secara umum masih banyak mahasiswa yang belum menggunakan internet sebagai sumber belajar. Walaupun ada masih terbatas pemanfaatannya hanya untuk komunikasi dan hiburan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seorang mahasiswa baik internal maupun eksternal seperti: kecerdasan emosional, minat dan bakat, metode pembelajaran, sarana dan prasarana(Internet), motivasai, cara belajar, dan kecerdasan intelektual. Untuk itu perlu dilakukan penelitian apakah ada hubungannya pemanfaatan internet terhadap prestasi mahasiswa.

           Penelitian ini menggunakan pendekatan analitik, karena bertujuan untuk menganalisis, menjelaskan suatu hubungan, menguji berdasarkan teori yang ada  dipakai untuk tujuan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan melakukan pengukuran variabel independent dan dependent yang sesuai dari obyek yang diteliti. Analisis Statistik yang digunakan adalah uji Korelasi Pearson Product moment dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil analisis korelasi terlihat bahwa nilai korelasi antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan nilai indeks prestasi mahasiswa semester III Prodi DIII Kebidanan Sutomo Surabaya sebesar 0,026,  yang memiliki hubungan korelasi sangat lemah.  Hal ini berarti terdapat hubungan yang sangat lemah antara pemanfaatan sumber belajar internet dengan nilai indeks prestasi mahaisiswa sehingga pemanfaatan internet sebagai sumber belajar tidak memberikan  pengaruh sangat nyata (signifikan) terhadap indeks prestasi mahasiswa semester III Prodi DIII Kebidanan Sutomo Surabaya. 

Kata Kunci : Sumber belajar Internet, Korelasi Pearson Product Moment, Indeks Prestasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-08-18

How to Cite

Artati, Y., -, T., & -, S. (2016). HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER III PRODI DIII KEBIDANAN SUTOMO SURABAYA. SAINTEKBU, 3(1). https://doi.org/10.32764/saintekbu.v3i1.43

Issue

Section

Articles