Sistem Penjadwalan Distribusi Produk Sepeda Motor Menggunakan Metode Distribution Requirement Planning (DRP) Pada PT. Nusantara Surya Sakti (NSS) Cabang Kefamenanu

  • Yoseph Pius Kurniawan Kelen Universitas Timor
  • Oktovianus R. Sikas

Abstract

Distribusi produk sepeda motor di PT. NSS dilakukan atas permintaan konsumen dari setiap wilayah di kabupaten TTU. Distribusi dijalankan secara tidak teratur atau acak, baik dalam distribusi waktu atau kuantitas. Aktifitas kegiatan mempengaruhi distribusi total biaya persediaan yang dikeluarkan perusahaan dalam pengadaan persediaan. Oleh karena itu perusahaan perlu memperhatikan aplikasi sistem distribusi kegiatan untuk mengoptimalkan distribusi jadwal pengiriman produk sepeda motor untuk menjaga waktu dan efisiensi biaya. Distribution Requirement Planning (DRP) adalah metode untuk menangani pengadaan persediaan dalam jaringan distribusi multi-level. Metode DRP berhubungan dengan ukuran lot pemesanan dan jumlah persediaan pengaman. Metode DRP mengurangi total biaya persediaan dan distribusi frekuensi kegiatan dengan menentukan distribusi penjadwalan yang efektif dengan pertimbangan bahwa distribusi dilakukan sesuai ukuran lot atau kelipatannya dan jumlah stok pengaman yang diperlukan.

Hasil penelitian, sistem distribusi dan penjadwalan pengiriman produk sepeda motor pada PT. NSS Cabang Kefamenanu tahun 2016 didapatkan perencanaan distribusi dengan metode DRP lebih kecil bila dibandingkan dengan metode perusahaan. Total Cost (TC) dengan metode perusahaan adalah sebesar Rp. 233.391.197,00 dan Total Cost (TC) dengan metode DRP adalah sebesar Rp. 218.460.000,00 . Sehingga terjadi penurunan sebesar 6,4%.

 

  Kata kunci: Distribusi, Distribusi Multi Level, Perencanaan Kebutuhan Distribusi Requirement Planning (DRP), Ukuran Lot, Safety Stock.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-05
How to Cite
Kurniawan Kelen, Y., & Sikas, O. R. (2019). Sistem Penjadwalan Distribusi Produk Sepeda Motor Menggunakan Metode Distribution Requirement Planning (DRP) Pada PT. Nusantara Surya Sakti (NSS) Cabang Kefamenanu. SAINTEKBU, 11(1), 27-39. Retrieved from http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/saintek/article/view/308