PEMETAAN POTENSI LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN TUBAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

  • Andik Adi Suryanto
  • Amaludin Arifia
  • Asfan Muqtadir
  • Dwi Kurnia Basuki

Abstract

Kabupaten Tuban dengan luas lahan 183.994,56 ha berpotensi untuk mengembangkan usaha pertanian dibidang pangan, perkebunan dan tanaman hortikultura yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani serta meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi yang akan mendorong kelancaran roda perekonomian. Peruntukan lahan pada sector pertanian seringkali bersaing dengan sektor lain seperti industry, pemukiman dan perdaganga. Meningkatnya kebutuhan lahan pertanian telah menimbulkan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan lahan. Hal tersebut disebabkan juga oleh kurangnya informasi yang berhubungan dengan produktifitas dan kelayakan penggunaan lahan tersebut. Dalam penelitian penelitian ini, akan dirancang suatu perangkat lunak yang dapat memberikan informasi pemetaan lahan pertanian di Kabupaten Tuban yang digunakan sebagai pengambilan informasi untuk analisa kebijakan bidang pertanian. Sistem ini dirancang menggunakan teknologi Webgis yaitu Map Server khususnya paket MS4W dengan menggunakan framework pmapper yang bekerja pada system operasi windows.

 

Kata kunci : Lahan pertanian, Webgis, Map Server, MS4W, Pmapper, Windows

Published
2017-05-21
How to Cite
SURYANTO, Andik Adi et al. PEMETAAN POTENSI LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN TUBAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. SAINTEKBU, [S.l.], v. 9, n. 2, may 2017. ISSN 2541-1942. Available at: <http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/saintek/article/view/119>. Date accessed: 21 nov. 2017.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.