PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA, WORD OF MOUTH DAN PLACE BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MENGUNJUNGI DESTINASI EDUWISATA

Authors

  • Mar'atul Fahimah
  • Radian Ade Firmansyah

DOI:

https://doi.org/10.32764/margin.v3i2.830

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menggambarkan seberapa besar pengaruh atribut produk wisata,word of mouth, dan place branding terhadap keputusan wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata Banyu Mili Jombang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini bersifat heterogen dan sampel diambil dari pengunjung wisata Banyu Mili Jombang yang berusia > 17 tahun. Sampel penelitian dikumpulkan dengan metode purposive sampling dengan 100 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan atribut produk wisata tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan menggunakan uji t. Sedangkan word of mouth dan place branding memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan berkunjung dengan menggunakan uji t. Kemudian melalui uji f menunjukkan bahwa variabel atribut produk wisata, word of mouth, dan place branding secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Adjusted R Square sebesar 0,731 yang berarti bahwa 73,1% keputusan berkunjung dipengaruhi oleh atribut produk wisata, word of mouth, dan place branding. Sementara sisanya sebesar 26,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Kata kunci: atribut produk wisata, word of mouth, place branding dan keputusan berkunjung.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-11-20

Most read articles by the same author(s)