PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA ANGGOTA KEPOLISIAN RESORT JOMBANG

Main Article Content

Choirul Anam

Abstract

Sumber Daya Manusia merupakan hal yang sangat penting dalam suatu organisasi, karena keefektifan dan keberhasilan suatu organisasi sangat tergantung pada kualitas dan kinerja sumber daya manusia yang ada pada organisasi tersebut. Kinerja sumber daya manusia (anggota) yang tinggi akan mendorong munculnya Organizational Citizenship Behavior (OCB), yaitu perilaku melebihi apa yang telah distandarkan pada organisasi. Beberapa aspek yang dibutuhkan dan sekaligus dapat menentukan tinggi rendahnya kadar Organizational Citizenship Behavior anggota Kepolisian Resort Jombang adalah komitmen organisasi, komunikasi interpersonal dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi, komunikasi interpersonal dan kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Anggota Kepolisian Resort Jombang.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS versi 18. Populasi yang digunakan adalah Anggota Kepolisian Resort Jombang dengan jumlah 439 orang. Besarnya sampel yang digunakan sebanyak 210 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), terdapat pengaruh positif antara Komunikasi Interpersonal terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB), dan terdapat pengaruh negatif antara Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Nilai Koefisien determinasi (Adjusted R Square) adalah sebesar 0,621 atau 62,1% berarti variasi perubahan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dipengaruhi variabel kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Komunikasi Interpersonal sebesar 62,1% dan sisanya 37,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Komunikasi Interpersonal, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior

Article Details

How to Cite
ANAM, Choirul. PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA ANGGOTA KEPOLISIAN RESORT JOMBANG. MARGIN ECO, [S.l.], v. 1, n. 1, aug. 2017. ISSN 2580-9725. Available at: <http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/margin/article/view/136>. Date accessed: 13 dec. 2017.
Section
Articles