EDUSCOPE http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope <p><strong>EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan </strong><strong>Teknologi </strong>diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan &nbsp;Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Jurnal Eduscope memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi dari hasil penelitian dan kajian para peneliti Indonesia yang sesuai dengan pengembangan pendidikan, pembelajaran, serta teknologi. EDUSCOPE juga memuat artikel-artikel yang membahas teori, penemuan dasar, dan juga aplikasi ilmu yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan, pembelajaran, dan teknologi di segala tingkatan. Jurnal EDUSCOPE akan diterbitkan 2 kali selama 1 tahun atau 1 volume selama 1 tahun yaitu bulan Juli dan Januari. <em>p-</em><em>ISSN :</em><em>2460</em><em>–</em><em>4844 e-ISSN : 2502</em><em>–</em><em>3985</em></p> en-US yospapea@gmail.com (Ospa Pea Yuanita Meishanti) agus.syifa85@gmail.com (Agus Sifaunajah) Fri, 12 Jul 2019 07:45:38 SE Asia Daylight Time OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/343 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh metode <em>Index Card Match/ </em>ICM(mencari pasangan kartu) terhadap keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspeimen dengan menggunakan desain penelitian <em>pretest-postest control group design</em>. Dalam penelitian ini , kelas VIII B adalah kelompok kontrol sehingga pada pembelajaran matematikanya menggunakan metode konvensional, sedangkan kelas VIII D adalah kelompok eksperimen sehingga pada pembelajaran matematikanya menggunakan metode ICM (mencari pasangan kartu).Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh metode <em>Index Card Match</em> dan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Selain itu, pengaruh metode <em>Index Card Match</em> lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 1 Seyegan</p> nuryadi nuryadi ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/343 Mon, 24 Jun 2019 09:47:07 SE Asia Daylight Time A Penerapan Model Kooperatif Tipe TPSq (Think Pairs Square) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/342 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri III Kotagede Yogyakrta. &nbsp;Secara umum penelitian ini mengupayakan peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TPSq (<em>Think Pairs Square</em>).</p> <p>Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri III Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe TPSq (<em>Think Pairs Square</em>). Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan, angket kreativitas siswa, hasil wawancara siswa dan guru, tes siklus, dan dokumentasi.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe TPSq (<em>Think Pairs Square</em>) dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa<em>. </em>Kreativitas siswa yang dilihat dari semua indikator kreativitas mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 58%, pada siklus II sebesar 76%. Kreativitas dapat dilihat dari kemampuan menghasikan banyak gagasan, kemampuan mengemukakan barmacam-macam pemecahan terhadap masalah, kemampuan menemukan jawaban, cenderung memberi jawaban yang lebih banyak, menanggapi pertanyaan yang diajukan, mempunyai banyak pertanyaan, dan mampu menguraikan sesuatu secara terperinci. Prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan yang dilihat dari rata-rata skor tes siklus pada kelas V SD Negeri III Kotagede yaitu dari 60.72 menjadi 77.44. Prestasi belajar siswa dapat tercapai dari adanya perubahan tindakan yang dilakukan dengan mengubah pembelajaran sebelumnya. Siswa dapat menyimak, berfikir, berpasangan, dan berbagi berempat, sehingga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuannya sendiri, bertanggung jawab, dan adanya kepercayaan terhadap diri sendiri.</p> Muhammad Farid Nasrulloh ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/342 Mon, 24 Jun 2019 10:06:37 SE Asia Daylight Time MANFAAT AIR SUSU IBU ( ASI ) PADA ANAK DALAM PERSEPEKTIF ISLAM http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/376 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pembahasan pada artikel ini adalah tentang&nbsp; <em>Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Pada Anak Dalam Persepektif Islam.</em> Air Susu Ibu (ASI) adalah suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa dan garam-garam anorganik yang sekresi oleh kelenjar mamae ibu, yang berguna sebagai makanan bagi bayinya. Air Susu Ibu (ASI) ini sebagai makanan alamiah adalah makanan yang terbaik yang dapat diberikan ibu kepada anak yang dilahirkanya. ASI juga mengandung zat pelindung yang dapat menghindari bayi dari berbagai penyakit infeksi. Pemberian ASI juga mempunyai pengaruh emosional yang luar biasa yang mempengaruhi hubungan batin ibu dan anak, dan juga&nbsp; psikologis si anak. ASI juga mengandung zat-zat gizi berkualitas tinggi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan bayi/anak.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> “Air Susu Ibu (ASI), Manfaat ASI, Fase Pembentukan ASI”</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong><em>The discussion in this article is about the benefits of breast milk in children in islamic perspectives. Mother’s milk (ASI) is a fat emulsion in a solution of protein, lactose and inorganic salts which are secreted by the mother’s mammary glands, which is useful as food for the baby. This mother’s milk (ASI) is a natural food which is the best that a mother can give to her child. ASI also contains protective substances that can prevent babies from various infactious diseases.</em> <em>Giving ASI also has an extraordinary emotional effect that can affect the inner relationship of the mother and child, as well as the development of the child. Breast milk also contains highquality nutrients that are useful for the growth and development of intelligence of babies/children.</em></p> <p><strong><em>Key words: “</em></strong><em>Breast Milk (ASI), Benefits of ASI, Breast Milk Formation Phase.</em></p> Rina Dian Rahmawati, Diki Cahyo Ramadhan ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/376 Tue, 25 Jun 2019 04:53:48 SE Asia Daylight Time DEVELOPING ENGLISH SYLLABUS FOR ISLAMIC EDUCATION DEPARTMENT http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/371 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; As stated in the research background, this research focuses on designing an English syllabus for students of Islamic Education Department. This study was conducted at Islamic Education Department at KH. A. Wahab Hasbullah University (UNWAHA), especially for the second semester students. The final product of this research is a set of English syllabus for Islamic Education courses in the second semester. This syllabus was specifically developed based on the students' needs for Islamic Education, as well as the needs of English lecturers at UNWAHA.The products of this research consist of an outline of the course (which involves course identity, course description, general course objectives, and meeting schedule), selection of topics and sub-topics, teaching goals (general and specific instructional goals), activities teaching and learning, time allocation, evaluation and assessment systems, and material sources and media.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Keywords: English syllabus, Islamic Education department, KH. A. Wahab Hasbullah University</p> Iin Baroroh Maarif ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/371 Tue, 25 Jun 2019 00:00:00 SE Asia Daylight Time PENGARUH PEMBERIAN KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN BANDARKEDUNGMULYO JOMBANG http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/380 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Proses belajar mengajar, guru sering menghadapi masalah umum di mana prestasi siswa tidak sebaik yang mereka inginkan. Di SMP Bandarkedungmulyo, para siswa termotivasi untuk aktif bertanya dan menjawab pertanyaan, tetapi kenyataannya kebanyakan dari mereka kurang berpartisipasi dan tidak memperhatikan pelajaran, hanya sedikit dari mereka yang aktif di kelas. Secara umum, tes dilakukan untuk memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur skor siswa, untuk mengetahui efektivitas proses belajar mengajar, perbedaan skor sebelum dan sesudah melakukan kuis, dan juga untuk mengetahui tanggapan siswa tentang kuis yang diberikan dalam materi terakhir terutama tentang mengelola lingkungan bagaimana menanggulangi kerusakan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain <em>One-Group Pretest-Posttest</em>. Prosedur penelitian dalam dua siklus, yaitu persiapan termasuk observasi, analisis kurikulum, analisis materi, dan instrumen persiapan. Siklus kedua adalah implementasi <em>Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division</em> dengan memberikan kuis pada materi terakhir. Pretest dilakukan sebelum proses belajar mengajar, sedangkan posttest dilakukan setelahnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor siswa meningkat setelah melakukan tes 34 siswa (89,47%) berhasil dengan tuntas sedangkan 4 siswa tidak. Tanggapan para siswa baik sekali karena mereka antusias dalam proses belajar mengajar setelah diberikan tes pada materi terakhir.</p> <p><strong>KATA KUNCI</strong>: Pengaruh kuis, prestasi belajar, pembelajaran kooperatif, hasil belajar</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p>In teaching learning process, teachers often face common problem where the students achievements are not as well as they want. In Bandarkedungmulyo junior high school, the students are motivated to be active in asking and aswering questions, but the fact is most of them are less participation and don’t pay attention to the lesson, just little of them being active in class. Generally, test is done to motivate students. This research aims to measure the students’ score, to know the effectiveness of teaching learning process, the differenciation of score before and after doing quiz, and also to know the students’ responses about the quiz given in the last material especially about envirenment management to solve environmental damage. This research uses experimental method by <em>One-Group Pretest-Posttest </em>design. The research procedurel are in two cycles, that are preparation including observation, curriculum analysis, material analysis, and preparing instrument. The second cycle is the implementation of <em>Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division</em> by given quiz in the last material. Pretest is done before the teaching learning process, while posttest is done after. The result of this research shows that the students’ score are increasing after doing test 34 students (89,47%) are thorough successfully while 4 students are not. The students’ responses is good enaugh because they are enthusiastic in the teaching learning process after being given test in the last material.</p> <p><strong>KEYWORD:</strong> effect quiz, Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division, learning outcomes</p> Ospa Pea Yuanita Meishanti ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/380 Mon, 08 Jul 2019 06:56:28 SE Asia Daylight Time HUBUNGAN AL-QUR’AN DENGAN MATEMATIKA http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/375 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Al-Qur’an diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril secara berangsur-angsur, selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Al-Quran merupakan kitab suci terlengkap dan abadi sepanjang masa, berlaku bagi semua umat manusia sampai akhir zaman, serta pedoman dan petunjuk bagi manusia dalam menjalankan kehidupan di dunia agar tercapai kebahagiaan di akhirat.. Begitu banyak hal-hal yang belum kita ketahui tentang korelasi antara Matematika dan Al Quran. Bilangan rasional tidak hanya bisa di pelajari pada buku-buku panduan eksak, namun juga bisa dipelajari dari Al Quran. Membahas dan mengkaji sesuatu yang terkadang sepele bisa membuka fikiran kita bahwa ilmu tidaklah selebar daun kelor. Metode yang digunakan dalam artikel ini menggunakan model studi pustaka yaitu metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dan informasi dari pustaka yang berhubungan dengan materi kajian baik berupa buku maupun sumber informasi lainnya.</p> <p><strong>KATA KUNCI</strong>: Hubungan, Al-Quran, Matematika</p> Muhammad Khoirur Roziqin ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/375 Mon, 08 Jul 2019 00:00:00 SE Asia Daylight Time PELAKSANAAN LESSON STUDY DALAM PERKULIAHAN MAHAROTUL KALAM ( KETERAMPILAN BERBICARA ) http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/379 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pelaksanaan lesson study dalam&nbsp; perkuliahan maharah kalam pada program studi pendidikan bahasa arab semester satu angkatan 2018 di Universitas Negeri Malang. Lesson&nbsp; study baru diterapkan dalam proses perkuliahan maharah kalam program studi pendidikan bahasa arab di Universitas negeri Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang dosen model dan 4 orang pengamat (observer), 1 orang fasilitator yang ahli di bidangnya dan 29 orang mahasiswa kelas A semester satu angkatan 2018 Universitas Negeri Malang yang mengikuti matakuliah maharah kalam. Jumlah keseluruhan subjek penelitian adalah berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi (daftar checklist), dan studi dokumentasi. Pelaksanaan open lesson dalam perkuliahan maharah kalam pada materi mufrodat untuk memberikan banyak kosakata untuk mempermudah berbicara bahasa asing khususnya bahasa arab. Pada tahapan perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Do), dan Refleksi (See) yang dilakukan oleh dosen model, fasilitator yang berpengalaman di bidang lesson study beserta dosen magang program magang dosen kemenristekdikti 2018 selaku observer sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan panduan pedoman lesson study.</p> <p>Kata Kunci : Kalam, Maharah, Lesson Study</p> Amrini Shofiyani ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/379 Mon, 08 Jul 2019 08:25:40 SE Asia Daylight Time