EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope <p><strong>EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan </strong><strong>Teknologi </strong>diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan &nbsp;Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Jurnal Eduscope memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi dari hasil penelitian dan kajian para peneliti Indonesia yang sesuai dengan pengembangan pendidikan, pembelajaran, serta teknologi. EDUSCOPE juga memuat artikel-artikel yang membahas teori, penemuan dasar, dan juga aplikasi ilmu yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan, pembelajaran, dan teknologi di segala tingkatan. Jurnal EDUSCOPE akan diterbitkan 2 kali selama 1 tahun atau 1 volume selama 1 tahun yaitu bulan Juli dan Januari. <em>p-</em><em>ISSN :2460-4844</em><em>&nbsp;e-ISSN : 2502-3985</em></p> en-US yospapea@gmail.com (Ospa Pea Yuanita Meishanti) agus.syifa85@gmail.com (Agus Sifaunajah) Mon, 14 Sep 2020 00:00:00 +0000 OJS 3.1.0.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PELAKSANAAN PENDIDIKAN TASAWUF DI PONDOK PESANTREN AS-SAIDIYYAH 2 BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/872 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p>This research analyses the education of Tasawuf at the Islamic Boarding School As-Saidiyyah 2 Bahrul Ulum Jombang. The problems examined in this study are: (1) What are the objectives of Tasawuf education in Islamic boarding schools? (2) What are the materials and how are the methods of Tasawuf education in pesantren? (3) How is the impact of Tasawuf education on the personality of the students in the pesantren? This study used a qualitative approach, the data compilation used observation, interview and documentation analysis about Tasawuf education in the pesantren. While the data analysis used the qualitative analysis model from Miles and Huberman. The results of this research are: First, the purpose of Tasawuf education at As-Saidiyyah 2 Bahrul Ulum Islamic Boarding School is to foster a sense of awareness in students to always think positively, instill noble qualities, always maintain self-purity and always remember Allah, and hope to get pleasure Him in all deeds. Second, the material of Tasawuf that is taught when understood in the perspective of Tasawuf theory is teaching two types of Tasawuf, namely Tasawuf Akhlaki and Amali. Tasawuf akhlaki has a system of building morals through three stages, namely <em>takhalli, tahalli</em> and <em>tajalli</em>. Tasawuf Amali is one's approach to Allah through inclines from one level to a higher level, namely: <em>sharia</em>, <em>thoriqoh, haqiqoh</em> ​​and <em>ma'rifah</em>. While the teaching uses the sorogan, wetonan, wirid ritual, mujahadah, remembering death and habituation of positive behavior in daily life. Third, the impact of Tasawuf education in pesantren is the formation of the personality and noble character of the students. They are aware of the purpose of life and are able to control themselves not to do bad deeds, to obey worship, to be respectful and tawadlu, to grow responsibility, to become a better person and to have a noble character.</p> <p><strong>Keywords: </strong><em>Implementation, </em><em>Tasawuf Education</em><em>.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini mengkaji pendidikan tasawuf di Pondok Pesantren As-Saidiyyah 2 Bahrul Ulum Jombang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja tujuan pendidikan tasawuf di pesantren? (2) Apa saja materi dan bagaimana metode pendidikan tasawuf di pesantren? (3) Bagaimana dampak pendidikan tasawuf terhadap kepribadian santri di pesantren tersebut? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penggumpalan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan analaisis dokumentasi seputar pendidikan tasawuf di pesantren tersebut. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah: <em>Pertama</em>, Tujuan pendidikan tasawuf di Pondok Pesantren As-Saidiyyah 2 Bahrul Ulum adalah menumbuhkan rasa kesadaraan pada diri santri untuk selau berfikir positif, menanamkan sifat-sifat mulia, selalu menjaga kesucian diri dan selalu mengingat Allah, serta berharap mendapat ridla-Nya dalam semua amal perbuatan. <em>Kedua</em>, materi tasawuf yang diajarkan bila dipahami dalam perspektif teori ilmu tasawuf adalah mengajarkan dua jenis tasawuf, yaitu tasawuf akhlaki dan amali. Tasawuf akhlaki mempunyai sistem pembinaan akhlak melalui tiga tahap, yaitu <em>takhalli</em>, <em>tahalli</em> dan <em>tajalli. </em>Tasawuf amali adalah pendekatakan diri kepada Allah melalui tanjakan dari satu tingkat ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu: <em>syariah</em>, <em>thoriqoh</em>, <em>haqiqoh</em> dan <em>ma’rifah</em>. Sedangkan pengajarannya menggunakan metode sorogan, wetonan, ritual wirid, mujahadah, mengingat mati dan pembiasaan perilaku yang positif dalam hidup keseharian. <em>Ketiga</em>, dampak pendidikan tasawuf di pesantren adalah terbentuknya kepribadian dan akhlak mulia santri. Mereka menyadari tujuan hidup dan mampu mengontrol dirinya untuk tidak melakukan perbuatan yang tidak baik, taat beribadah, bersikap hormat dan tawadlu, tumbuhnya tanggungjawab, menjadi sosok yang lebih baik dan berakhlak mulia.</p> <p><strong>Kata Kunci:&nbsp; </strong>Pelaksanaan, Pendidikan Tasawuf</p> Ali Muttaqin ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/872 Mon, 14 Sep 2020 02:35:47 +0000 PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PERTIDAKSAMAAN IRASIONAL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/403 <p>Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa motivasi belajar peserta didik di MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang rendah. Akibatnya mempengaruhi hasil belajar matematika yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Penerapan strategi pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang pada materi pertidaksamaan irasional, 2) Hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang setelah penerapan strategi pembelajaran discovery pada materi pertidaksamaan irasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subyek penelitian 16 peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang. Penelitian dilaksanakan selama 4 pertemuan dan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi peserta didik, lembar kerja peserta didik, dan soal tes. Berdasarkan data dari analisis observasi peserta didik, dapat diketahui motivasi peserta didik tinggi, sehingga peserta didik tekun dan semangat selama kegiatan pembelajaran dan mempengaruhi hasil belajar matematika yang lebih baik dari sebelumnya.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong>&nbsp; Strategi pembelajaran discovery, Motivasi belajar, dan Hasil belajar.</p> <p>Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa motivasi belajar peserta didik di MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang rendah. Akibatnya mempengaruhi hasil belajar matematika yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Penerapan strategi pembelajaran discovery terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang pada materi pertidaksamaan irasional, 2) Hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang setelah penerapan strategi pembelajaran discovery pada materi pertidaksamaan irasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subyek penelitian 16 peserta didik kelas X MIA 1 Tambakberas Jombang. Penelitian dilaksanakan selama 4 pertemuan dan menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi peserta didik, lembar kerja peserta didik, dan soal tes. Berdasarkan data dari analisis observasi peserta didik, dapat diketahui motivasi peserta didik tinggi, sehingga peserta didik tekun dan semangat selama kegiatan pembelajaran dan mempengaruhi hasil belajar matematika yang lebih baik dari sebelumnya.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong>&nbsp; Strategi pembelajaran discovery, Motivasi belajar, dan Hasil belajar.</p> waritsatul chasanah -, M Farid Nasrulloh, moh faridl darmawan ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/403 Mon, 14 Sep 2020 02:46:31 +0000 ANALISIS KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI MA AL IHSAN TEMBELANG JOMBANG http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/874 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to determine the implementation of biology learning practicum for class XI IPA MA AL IHSAN Tembelang Jombang. This research is a qualitative descriptive study, with the research sample being students of class XI IPA randomly sampling with a total sample size of 15 students. The data collection technique was carried out by using an observation questionnaire on the activities of students in the practicum then the data were analyzed using descriptive statistics. The results showed that the results of the questionnaire for the implementation of the learning practicum with the criteria applied properly were 74.75, the results of the psychomotor assessment instruments in the group were 74.8 with good criteria, while the results of interviews with informants obtained some information that the planning of biology practicum activities was not in accordance with the existing curriculum because some obstacles.</em></p> <p><strong><em>Keyword</em></strong><em> :&nbsp; Analysis, Practical work biology</em><em>, psikomotor evalution</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktikum pembelajaran biologi peserta didik kelas XI IPA MA AL IHSAN Tembelang Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan sampel penelitian merupakan peserta didik kelas XI IPA secara <em>random sampling</em> dengan jumlah sampel secara keseluruhan yaitu 15 peserta didik. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket pengamatan terhadap aktivitas peserta didik dalam praktikum kemudian data dianalisis dengan menggunakan <em>statistik deskriptif</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Angket pelaksanaan praktikum pembelajaran dengan kriteria diterapkan dengan baik yaitu sebesar 74.75, hasil instrumen penilaian psikomotorik dalam kelompok sebesar 74,8 dengan kriteria baik, sedangkan hasil wawancara kepada informan diperoleh beberapa informasi bahwasanya perencanaan kegiatan praktikum biologi belum sesuai dengan kurikulum yang ada dikarenakan beberapa kendala.</p> <p><strong>Kata Kunci : </strong><em>Analisis, Praktikum biologi, penilaian psikomotor.</em></p> Ospa Pea Yuanita Meishanti ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/874 Mon, 14 Sep 2020 03:05:36 +0000 EFEKTIFITAS MODEL OUTDOOR RESEARCH TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XI BAHASA MAN 1 JOMBANG http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/875 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The purpose of this research was to improve students’ English speaking skill at XI grade of State Islamic Senior High School 1 Jombang, East Java through the Outdoor Research method. This type of research is Classroom Action Research. The subjects of this research were students of class XI Language major, State Islamic Senior High School 1 Jombang in 2019/2020 school year. Data collection techniques were tests and observations. The results of this research indicated an increase in students' speaking skill in English subjects. The increase can be seen from the percentage of mastery learning in the first cycle with an average value of 76.45 in the second cycle increased with an average value of 80, 48. Based on research that has been carried out that by applying the Outdoor Research method to students, can it can be concluded that it can improve English speaking skill or Speaking Skill in XI grade of State Islamic Senior High School 1 Jombang, Language major which has been demonstrated by the achievement of mastery learning outcomes.</em></p> <p><strong><em>Key words:</em></strong><em> The effect, Outdoor Research Model, Speaking Skill.</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris atau speaking skill siswa kelas XI jurusan Bahasa MAN 1 Jombang, Jawa Timur melalui metode Outdoor Research. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Bahasa Man 1 Jombang tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data adalah Tes dan Observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,45 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 80, 48. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat di simpulkan bahwa dengan menerapkan metode Outdoor Research pada siswa dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris atau Speaking Skill pada siswa kelas XI Bahasa MAN 1 Jombang yang telah ditunjukkan dengan tercapainya ketuntasan hasil belajar.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> <strong>:</strong> <em>Efektifitas, Model Outdoor Research, Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris.</em></p> Iin Baroroh Maarif ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/875 Mon, 14 Sep 2020 03:15:23 +0000 JLIBRARY AS AN ENGLISH LEANING MEDIA BASED ON ICT ( INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY) http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/876 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>In this era english become one of the foreign language which is studied in Indonesia by almost people.</em><em>.</em><em>There are many skills which we studied in English such as reading ,speaking,listening and also writing</em><em>. </em><em>Reading sometimes become the most bired actitities through students because it was passive activities. According to this reason t</em><em>his paper aims </em><em>to design English learning media learner as a media that appropriate for their learning needs.</em> <em>JLIBRARY is some technology whuch is developed by using ICT </em><em>&nbsp;method emphasizes on </em><em>textual android app.</em><em> It </em><em>wa</em><em>s done for time efficiency in learning a language. The </em><em>simple and clearly </em><em>technique </em><em>are</em><em> used in the implementation of </em><em>JLIBRARY </em><em>method in learning </em><em>English</em><em>. </em><em>There were two researches objective; these are designing JLIBRARY and knowing the feasibility of the english learning media. The researcher uses Research and Development method adapted from Sadiman’s development. The researcher concludes that JLIBRARY is feasible to use in English Learning Media.</em></p> <p><strong><em>KEYWORDS</em></strong><em>: </em><em>Jlibrary,English media,ICT</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>ABSTRAK</em></strong></p> <p>Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang dipelajari di Indonesia saat ini. Sebagai sarana komunikasi, salah satu keterampilan yang paling penting adalah keterampilan berbicara atau percakapan dalam bahasa Inggris. Makalah ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran bahasa Inggris untuk pelajar muda sebagai media yang sesuai dengan kebutuhan belajar mereka. Metode JLIBRARY menekankan pada aplikasi android tekstual. Hal ini dilakukan untuk efisiensi waktu dalam mempelajari suatu bahasa. Teknik yang sederhana dan jelas digunakan dalam penerapan metode JLIBRARY dalam belajar bahasa Inggris. Ada dua tujuan penelitian; ini merancang JLIBRARY dan mengetahui kelayakan media pembelajaran bahasa Inggris. Peneliti menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan yang diadaptasi dari pengembangan Sadiman. Peneliti menyimpulkan bahwa JLIBRARY layak untuk digunakan dalam Media Pembelajaran Bahasa Inggris.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: </em><em>Jlibrary,English media,ICT</em></p> Ulfa Wulan Agustina ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/876 Mon, 14 Sep 2020 03:27:40 +0000 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK DI SMA PGRI 1 KELAS XI IPA 1 MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/418 <p>Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran <em>Flipbook</em> yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan didalam kelas XI IPA 1 di SMA PGRI 1 Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah <em>Research and Development</em> yang mangacu pada model pengembangan ADDIE (<em>Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation</em>). Penelitian ini memiliki keterbatasan yang hanya dilakukan 4 tahap saja karena keterbatasan waktu yang dilakukan. Hasil uji kelayakan <em>Flipbook</em> dilakukan oleh para ahli materi yang memperoleh rata-rata penilaian 3,0 dengan kategori baik. Hasil uji ahli media memperoleh rata-rata penilaian 3,7 dengan kategori sangat baik. Respon peserta didik terhadap <em>Flipbook</em> yang sudah dilihat dan dipelajari dalam proses pembelajaran memperoleh hasil rata-rata penilaian 68 % dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan <em>Flipbook</em> mendapatkan respon baik dari peserta didik. Media pembelajaran <em>Flipbook</em> dapat meningkatkan hasil&nbsp; belajar peserta didik. Harapan dimasa mendatang media ini dapat dikembangkan secara luas dengan karakter sekolah yang berbeda.</p> Sakhowati Sakhowati ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/418 Mon, 14 Sep 2020 03:50:17 +0000 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI VEKTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/417 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika di MA Nizhamiyah Ploso pada pokok bahasan vektor. Subjek ujicoba adalah siswa kelas X MIA MA Nizhamiyah Ploso tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Rancangan penelitian yang digunakan adalah <em>one group pretest-posttest design. </em>Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari skor gain rata-rata yang dinormalisasi berdasarkan skor rata-rata pretest dan posttest. Setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif STAD, seluruh siswa tuntas untuk materi vektor dengan proporsi rata-rata jawaban siswa sebesar 87,75. Secara keseluruan semua kelas tuntas secara klasikal. Nilai n-gain sebesar 2,821 dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Fisika metode STAD pada pokok bahasan vektor dapat menuntaskan hasil belajar siswa.</p> Anis Nurfaida ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/417 Mon, 14 Sep 2020 03:58:57 +0000 DESIGNING E-READING MATERIAL FOR THE FIRST GRADE OF SENIOR HIGH STUDENTS http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/877 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p>The purpose of this study is designing electronic-based materials of reading comprehension skill for the second semester at the first grade students of senior high school. It can be categorized as the Research and Development (R&amp;D) which adapted the model of Sadiman (1986). It was consisted of seven phases such as(1) need analysis, (2) formulating objective, (3) formulating the materials, (4) formulating validity measurement, (5) writing media sheets, (6) testing, and (7) revising. The subjects were the first grade students of MAN Malang I. The product was developed based on the students and teachers’ need which was obtained from distributed questionnaire and interview, and it showed that both students and teacher need an interactive English instructional media which is based on computer with the percentage (92.3%). Furthermore, based on the validation of some experts, it was known that the product was valid. Finally, the result product was electronic-based materials which was consisted the reading materials of the second semester of the first grade of senior high school such as narrative, descriptive, and news item texts. Each kind of text has its own evaluation which is in the form of multiple choices and true or false questions.</p> <p><strong><em>KEYWORDS</em></strong><em>: Electronic-Based Materials, Reading Comprehension, Reading M</em><em>aterial</em></p> <p>&nbsp;</p> Nurul Afidah ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/877 Mon, 14 Sep 2020 04:12:17 +0000 Implementasi Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Should and Offering di Kelas XI IPS 1 MA Mambaul Ulum Megaluh http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/878 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The purpose of this research is to know the implementation of Discovery learning towards the students’ activeness in English class. The object of this research is 11th grade IPS 1 students in MA Mambaul Ulum Megaluh. It is a descriptive quatitative study which employs observation, questionnaire, and interview as method of collecting data. The result from any observation, quistionaire and interview depict that the students’ activeness is occurred from students’ response towards the material given by their teacher in the class. Most of activeness is influenced by method </em><em>teacher used</em><em>. Students’ activeness means students’ responses towards the material, students’ ability to deliver their arguments, and their interaction with their friends. Upon conducting this research, this is expected to be the basis of teacher’s evaluation to enhance</em> <em>teaching skills.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: discovery learning, active, students</em></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong><em>ABSTRAK</em></strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran <em>Discovery Learning </em>terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 MA Mambaul Ulum Megaluh. Metode yang digunakan dalam megumpulkan data adalah deskriptif kuantatif melalui observasi, kuisionair dan <em>interview</em>. Hasil dari observasi, kuisionair dan interview terhadap siswa menunjukan keaktifan siswa dalam merespon materi yang diberikan oleh guru di kelas. Keaktifan tersebut sebagian besar dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru. Keaktifan disini dapat berupa merespon pembelajaran, menyampaikan pendapat dan juga interaksi siswa, selain itu keaktifan siswa dalam merespon materi juga dapat di gunakan sebagai bahan evaluasi dalam memperbaiki pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: <em>discovery learning</em>, keaktifan, siswa</p> Luluk Choirun Nisak Nur ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/878 Mon, 14 Sep 2020 04:22:03 +0000 Penerapan Model Cooperative Learning dengan Media Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar Materi Jaringan Hewan Siswa Kelas XI MIA 2 MAN 10 Jombang http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/405 <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p>This study aims to determine the learning outcomes of class XI MIA 2 student in MAN 10 Jombang with cooperative learning models. This type of research is quantitative research using one shot case study research design. Class XI MIA 2 research at MAN 10 Jombang. This study shows the average learning outcomes of animal tissue material that is 76,419, after remidial held an average increase to 90,2. While student’s learning completeness is 67% which 67% are in the range of values 66-79% with good criteria. It can be concluded that the cooperative learning model by involving picture card media can help student’s achieve mastery learning.</p> <p><strong>Keywords</strong> : <em>cooperative learning, learning outcomes, animal tissue, picture card.</em></p> hasna lailil ma'rifah ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/405 Mon, 14 Sep 2020 04:28:46 +0000 STRATEGI MNEMONIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/879 <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Memory play an important role in education since it is one of the aspects that determine students’ achievement. One that indicates sucessful learning is when students can remember what the teachers has taught. Mathematics is a lesson that is related to other studies. Each study consists of definition, formula, theorem and algorithm. Students are ought to remember and understand them to solve mathematical problems. Therefore, strategy of teaching which can help students to remember and understand the lesson, specifically for mathematics is needed. Mnemonic is one of strategies that can answer that problems. The methodology that is used in this article is literature study to gain deeper understanding about mnemonic strategy, specifically mnemonic srategy in mathematics. This article explains definition, techniques and benefit of mnemonic strategy. Furthermore, it will also explain mnemonic strategy in mathematics education.</em></p> <p><strong><em>KEYWORDS</em></strong><em>: </em><em>memory, mnemonic strategy, mathematic education</em></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>ABSTRAK</em></strong></p> <p>Memori atau ingatan memiliki peranan penting dalam suatu proses pembelajaran, karena memori merupakan salah satu hal yang dapat menentukan prestasi belajar peserta didik. Semua proses pembelajaran tidak akan ada hasilnya jika peserta didik tidak mampu mengingat materi pelajaran yang telah diajarkan. Matematika merupakan salah satu materi pelajaran yang terdiri dari berbagai bidang kajian. Setiap bidang kajian matematika berisi berbagai macam definisi, rumus, teorema dan algoritma. Peserta didik harus mengingat dan memahami hal tersebut untuk menyelesaikan masalah matematika. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mengingat dan memahami materi pelajaran, khususnya matematika. Strategi pembelajaran tersebut adalah strategi mnemonic. Metodologi dalam artikel ini adalah&nbsp; kajian literatur untuk menggali pengetahuan tentang strategi mnemonic, khususnya strategi mnemonic dalam pembelajaran matematika. Artikel ini membahas tentang pengertian, teknik-teknik, dan manfaat dari strategi mnemonic. Selain itu juga dibahas tentang strategi mnemonic dalam pembelajaran matematika.</p> <p><strong>KATA</strong> <strong>KUNCI: </strong>memori, strategi mnemonic, pembelajaran matematika</p> Eliza Verdianingsih ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/879 Mon, 14 Sep 2020 05:57:56 +0000