Model ‘smart’ CSR yang Inovatif Melalui Kemitraan

  • Noor Shodiq Askandar
  • Masyhuri M
  • Junaidi -

Abstract

‘Smart’ CRS (corporate social responsibility) merupakan model inovasi sebagai hasil ‘revisi’ model CSR atas dasar temuaan hasil riset. Tujuan penelitian ini adalah melakukan revitalisasi model CSR berdasarkan hasil temuan-temuan saat melakukan penelitian. Metode penelitian adalah aplikasi pendidikan, pelatihan dan pendampingan (P3) pada kelompok usaha ekonomi kreatif dengan motode analisis adalah statistik deskriptif dan swot.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa revisi model pelaksanaan CSR masih belum sesuai dengan fungsinya. Indikatornya adalah pelasakanaan  CSR  memberikan bentuk bantuan tunai kepada kelompok sasaran yang ditentukan perusahaan, kelurahan, pemberian bantuan secara sepontan. Kemudian, dengan implentasi ‘smart’CSR, hasilnya menunjukkan bahwa revitalisasi model implementasi menunjukkan nilai postif yang diindikasikan oleh 90% kelompok saaran menerima dengan program P3 dan kemitraan yang dilakukan dengan pelaku ekonomi kreatif (pedang atau petani tanaman non padi) yang  menunjukkan bahwa stimulan dana dapat mendorong pengembangan usaha. Sedangkan hasil analisis swot, hal-hal yang dominan dalam melakukan kemitraan pada sisi kekuatan adalah semangat untuk maju dan berkembang usaha dengan ‘amanah’ stimulan dana usaha, sisi kelemahan khususnya sektor pertanian adalah keengganan melakukan usahatani secara berkelanjutan karena tanah yang mereka miliki dijual, sisi ancaman adalah kelompok sasaran menjadi buruh tani di tanahnya sendiri, sedangkan sisi peluang adalah semangat untuk berkembang dan mandiri.

Rekomendasi dari hasil tersebut ‘smart’CSR akan dapat berkelanjutan melalui P3.

 

 

Keywordmodel pendidikan, pelatihan, pendapingan dan ‘smart’CSR.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-24