INOVASI MODEL PINJAMAN DANA BERGULIR SEBAGAI STIMULAN MELALUI TRANSAKSI QORDHU-HASAN PADA UMKM

  • Muhammad Mansur
  • Masyhuri Machfudz
  • Junaedi -
  • Nahdhiyatul Kamilah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplematasikan dana bergulir kepada kelompok pelaku ekonomi kreatif pendanaan (UMKM). Metode penelitian adalah participatory action research (PAR) melalui eksperimen dengan analisis analisis data secara deskripsi mendalam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi stimulan dana diberikan kepada kelompok sasaran hingga penelitian ini berlangsung sudah 3 kali putaran. Setiap putaran memerlukan waktu 10 minggu untuk melunasi dana pinjaman tanpa dibebani bunga dan biaya apapun, bersamaan dengan pengembalian semua anggota kelompok sasaran wajib menabung semampunya yang sebagai satu-satu sebagai indikator pertumbuhan ekonomi dalam riset ini.  Putaran I, II dan III pertumbuhan ekonomi berturut-tururt 16,15%, 33,85% dan 61,54% dari total dana pinjaman. Disamping itu, aplikasi dari transaksi model qordhu hasan ini terbentuk teknologi tepat guna yang diberi nama  QH-9Kj, yakni qordhu hasan pada tujuh kesepakatan jumlah anggota kelompok, jumlah pinjaman, jumlah pengembalian, jumlah kelompok, jumlah waktu pengembalian (misalkan per pekan), jumlah tabungan berdasarkan laba yang diperoleh, jumlah penarikan tabungan, jumlah pinjaman untuk putaran berikutnya dan esepakatan jumlah mengisi uang suka rela tanpa ditentukna  dan (2) ‘intervensi’ produksi halal dan baik dengan melakukan penyuluhan; yang hasilnya 89% mengalami kepuasan dan melaksanakan apa yang telah disekati bersama untuk melakukan pengelolaan produksi yang halal dan baik.

Saran penelitian ini adalah memerlukan analisis yang mendalam dan aksi secara optimal dengan visi-misi: ‘jangan isi iuran jika terpaksa, isilah iuran dengan lapang dada’.

 

Keyword: stimulasi, dana pinjaman,  pertumbuhan ekonomi dan UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-24