Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab

Authors

  • Muhammad Farid Nasrulloh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Afif Kholisun Nasoih Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Wisnu Siwi Satiti Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Septiana Khansa Afifa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Keywords:

Pembelajaran; Bahasa Arab; Permainan.

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan di MTs Al Hikmah Pucangsimo Jombang memiliki tujuan: (1) menganalisis kemampuan para siswa dan siswi di MTs Al Hikmah Pucangsimo Jombang. (2) menganilisis peminatan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. (3) menganalisis kurangnya segi pengajaran dan pemahaman siswa terhadap bahasa Arab. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi metode ceramah,diskusi. Metode yangdigunakan pada kegiatan ini adalah menggunakan metode sosialisasi, pelatihan, dan mediabelajar. Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. (1) memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan serta keterampilan pada peserta didik MTs Al Hikmah Pancangsimo Kabupaten Jombang untuk bisa dalam berbahasa arab. (2) Menumbuhkan semangat pada peserta didik untuk mengetahui kosakata berbahasa arab di MTs Al Hikmah Pancangsimo Kabupaten Jombang dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dimana ada peningkatan keterampilan menggunakan media belajar game.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Nasrulloh, M. F., Nasoih, A. K., Satiti, W. S., & Afifa, S. K. (2020). Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 28–35. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1040

Issue

Section

Articles