Penyuluhan tentang Permainan Asah Otak bagi ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) di Desa Brodot Jombang

  • Machnunah Ani Zulfah
  • Aufia Aisa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Rizky Amaliyatuz Sa’adah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Orang dalam gangguan jiwa, kesehatan mental, permainan asah otak

Abstract

Masalah kesehatan adalah masalah paling banyak yang dihadapi oleh balita-sampai lansia tidak terkecuali orang yang mengalami gangguan jiwa yang penangananya atau perhatiannya harus lebih dibandingkan balita dan lansia.Di desa brodot terdapat posyandu yang focus menangani pasien-pasien yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ), posyandu “harapan kita”telah berjalan dengan baik namun mengalami kendala tenaga yang peduli untuk membantu tanpa pamrih. Sehingga tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan sosialisasi, dukungan terhadap keluarga dengan pasien ODGJ untuk memberikan perhatian khusus terhadap pasien dengan harapan pasien ODGJ dapat menjalani kehidupan seperti manusia normal pada umumnya dengan mindset eks ODGJ dapat hidup mandiri dan produktif. Metode yang digunakan dalam program pengabdian masyarakat ini berupa penyuluhan dan demonstrasi. Media yang di gunakan yaitu leaflet, Infokus dan Speaker. Monitoring dan evaluasi diperoleh dari lembar presentasi atau lembar kehadiran peserta ODGJ serta kemampuan mereka mengikuti permainan asah otak. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 70% peserta ODGJ memiliki ketanggapan dan antusias yang baik dalam segi pehaman sampai keterampilan saat kegiatan berlangsung. Sebanyak 30% peserta ODGJ belum bisa aktif karena dalam kategori pasien baru penangan dan penyakit yang serius di pengaruhi oleh tekanan hidup.

Published
2020-12-20
Section
Articles