Marketing Digital bagi Pelaku UMKM Desa Gondangmanis

Authors

  • Zulfikar Zulfikar
  • Akhmad Mahmudi
  • Moch. Adib Fannani

Keywords:

Marketing Digital, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Pemasaran Online

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema PPM ini diharapkan dapat memberikan hasil yang terbaik untuk masyarakat sasaran yang dikenai program. Permasalahan pertama adalah kendala para pelaku UMKM Desa Gondangmanis untuk memasarkan produknya terutama pada pemasaran online. Solusi yang diberikan adalah melalui sosialisasi dan pelatihan Marketing. Hasil penilaian pelatihan digital marketing menunjukkan bahwa kemampuan peserta UMKM dalam memahami penyampaian informasi tentang Marketing Digital 100% paham, sedangkan kemampuan bermedia sosial 80% dan kemampuan memanfaatkan media sosial sebagai marketing digital hanya 40% dan dari quisioner tersebut para pelaku UMKM memberikan jawaban mengenai barang atau produk yang cocok untuk dijual yaitu kuliner 60%, fashion 20%, kosmetik 12% dan pertanian 8%.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Zulfikar, Z., Mahmudi, A., & Fannani, M. A. (2020). Marketing Digital bagi Pelaku UMKM Desa Gondangmanis. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–19. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1006

Issue

Section

Articles