Peningkatan Kualitas Wudhu Santri PP. Al Wahabiyyah 1 melalui Pelatihan Wudhu Sempurna

Authors

  • Mohammad Saat Ibnu Waqfin` Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Imam Taufiq Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ibnu Asrosi Najib Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Keywords:

Peningkatan; Kualitas Wudhu

Abstract

Santri-santri PP. Al Wahabiyyah 1 mengalami kesulitan dalam berwudhu sesuai sunah yang telah diajarkan dalam syariat Islam. Beberapa santri diketahui berdasarkan pengamatan ustadz dan pengurus masih menggunakan air secara berlebih. Sebagian kecil santri juga masih menggunakan air musta’mal dalam berwudu. Kesunahan-kesunahan juga tidak jarang tertinggal dalam proses wudhu para santri.

Berdasarkan hasil wawancara di PP. AL Wahabiyyah 1, Tambakrejo, Jombang menunjukkan bahwa guru-guru sudah mengingatkan santri terkait kesempurnaan wudhu dan batas penggunaan air wudhu. Walaupun sudah mendapat peringatan, namun masih belum terlaksana secara optimal dan efisien dalam pelaksanaan wudhu santri. Hal ini didasari dengan pemahaman terbatas santri dan kesibukan para guru sehingga tidak sempat dalam membimbing santri secara khusus untuk praktek wudhu sesuai syariat. Selain itu, adanya anggapan para santri bahwa wudhu yang mereka laksanakan selama ini sudah benar.

Berdasarkan penjabaran diatas, kegiatan pengabdian pada masyarakat akan dilaksanakan pelatihan secara intensif dalam penerapan wudhu sesuai syariat meliputi syarat, rukun, sunah, makruh, dan hal yang membatalkan wudhu. Kegiatan ini mendukung kualitas wudhu sempurnah sesuai sunah dan sah secara hokum fiqih.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Ibnu Waqfin`, M. S., Taufiq, I., & Najib, I. A. (2020). Peningkatan Kualitas Wudhu Santri PP. Al Wahabiyyah 1 melalui Pelatihan Wudhu Sempurna. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–37. Retrieved from https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1068

Issue

Section

Articles