Pendampingan Mengajar di Lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an Desa Brangkal

  • Ino Angga Putra Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Rina Dian Rahmawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Rina Dian Rahmawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Aji Ainur Rofiq Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Pendampingan, Metode Tartila, TPQ, Membaca Al-Quran

Abstract

Metode Tartil dilihat sebagai salah satu metod pembelajaran al-Qur’an yang praktikal dan cepat untuk membantu murid dapat membaca al-Qur’an dengan baik. Tujuan dari kegiatan ini antara lain: a) Memberi edukasi pembelajaran sesuai metode yang diambil lembaga masing-masing, dan b) Memberi sarana bantuan tenaga pengajar di lembaga masing-masing. Mitra pengabdian adalah para siswa TPQ Sabilul Mutaqin Desa Brangkal. Kegiatan ini diikuti sekitar 30 siswa, dan dilaksanakan diantara tanggal 12 Oktober 2020 sampai 31 Oktober 2020. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah melalui bentuk pendampingan terkait proses pembelajaran di TPQ Sabilul Mutaqin Desa Brangkal. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 siswa TPQ. Kegiatan ini dilakukan dengan kegiatan observasi kepuasan peserta dan kemampuan peserta didalam membaca Al-Qur’an melalui metode Tartila. Hasil kepuasan peserta terhadap kegiatan sosialisasi ini menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dan mengapresiasi kegiatan ini karena memiliki manfaat yang lebih dalam melatih kemampuan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar menggunakan metode Tartila. Hasil observasi kepada para siswa (santri) menunjukkan adanya kemampuan memahami metode Tartila dengan skor rata-rata 3,4 atau pada kategori baik, dan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Tartila dengan skor rata-rata 3,3 atau pada kategori baik. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa metode Tartila  dapat meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Published
2020-12-20
Section
Articles